Search This Blog

Friday, October 1, 2010

Kenapa film G30S PKI sudah tidak di tayangkan lagi?

Dulu waktu duluuuuu banget, sering banget di putar film G30S ini, apa lagi waktu aku belum kenal yang namanya SCTV, RCTI, TPI dan lain-lain. Stasiun TV cuman TVRI, jadi setiap tanggal 30 september TVRI selalu menayangkan tentang film penghianatan ini.

Sedikit info, buat yang belum tahu apa sih G30S PKI itu :

G30S PKI adalah sebuah peristiwa yang terjadi pada tanggal 30 September 1965 di mana enam pejabat tinggi militer Indonesia beserta beberapa orang lainnya dibunuh dalam suatu usaha pemberontakan yang disebut sebagai usaha Kudeta yang dituduhkan kepada anggota Partai Komunis Indonesia. (sumber : wikipedia.org)

Sekarang, aku tuh pengen banget nonton film G30S PKI itu, tapi bingung. Di mana nontonnya? semua stasiun TV sudah tidak menayangkan film itu lagi. Agak bingung sih, kenapa ya koq ngga di tayangin lagi?. Sedikit berjuang googling, mencari-cari kenapa. Ketemu deh sedikit jawabannya kenapa.

Alasan kenapa Film G30S PKI dihentikan :
1. Film tersebut sudah tidak relevan. Apalagi di zaman sekarang.
2. Terlalu banyak adegan kekerasan di dalam film tersebut.
3. Film tersebut belum cukup untuk meningkatkan Nasionalisme dan perjuangan-perjuangan rakyat karena justeru  dijadikan media dan propaganda untuk melestarikan kekuasaan (saat itu) dengan brand image Soeharto.
4. Film itu langsung maupun tidak langsung bisa membangkitkan ideologi komunis serta bibit-bibit komunis Indonesia.
5. Film tersebut berhenti ditayangkan karena pamor TVRI yang sudah memudar.

Jika tulisan saya ini susah di mengerti, anda bisa menghubungi contact saya.
terimakasih.

Related Articles



No comments:

Post a Comment