Search This Blog

Wednesday, September 29, 2010

Mendagri laporkan situasi Tarakan kapada SBY

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Rabu (29/9) siang, melaporkan perkembangan penanganan insiden di Tarakan, Kalimantan Timur, kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kepada wartawan di Kantor Presiden Jakarta Gamawan mengatakan, pihak Kementerian Dalam Negeri telah mengirimkan Direktur Penanganan Konflik ke wilayah tersebut untuk mencegah meluasnya pertikaian.

"Tadi sudah ada gubernur di sana dan Brimob sudah dikirim dari daerah tetangga. Tadi Direktur Konflik juga sudah kita kirim untuk penanganan konflik. Saya sangat prihatin kalau ini terjadi lagi, karena itu saya sudah tiga kali menelpon gubernur untuk menyikapi ini dengan lebih sungguh-sungguh," kata Gamawan sebelum bertemu Presiden.

Gamawan menambahkan, kondisi di Tarakan sebetulnya pada Selasa (28/9) siang sudah membaik. Namun, pada Selasa malam kembali terjadi insiden. "Kemarin saya ke sana sudah baik dan tenang. Rupanya ada yang terpencar-pencar, sehingga sulit mengontrolnya. Massa tidak bergerak sekaligus, dan ada yang sporadis, saya minta gubernur mengkoordinasikan, dan gubernur sudah di sana," katanya.

Ia menjelaskan, bantuan aparat Polri sudah dikerahkan dan didukung oleh TNI untuk membantu mencegah terjadinya konflik meluas. Gamawan meminta agar masyarakat bisa menahan diri. Saat ini dilakukan upaya pemulihan ketertiban, ketentraman dan keamanan serta penegakan hukum agar suasana kembali normal. Sementara untuk pemberlakuan jam malam, Mendagri menyatakan belum sampai diterapkan dan hal itu merupakan kewenangan aparat kepolisian

Related Articles



No comments:

Post a Comment