Search This Blog

Wednesday, September 29, 2010

SBY Minta Aparat Tangani situasi di Tarakan

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memerintahkan seluruh aparaat segera menangani agar insiden dan konflik di Tarakan Kalimantan Timur segera diselesaikan tuntas dan tidak meluas. Penegasan itu disampaikan dalam jumpa pers khusus di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu 29 September 2010

Kepala Negara mengaku telah menerima laporan dari Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri soal seberapa jauh upaya aparat keamanan menangani insiden itu. " Saya prihatin dengan terjadinya kekerasan antar komunitas, saya sudah menerima laporan dari Kapolri dan sudah berkomunikasi dengan Panglima TNI dan Gubernur Kaltim," kata SBY.

Presiden mengingatkan agar penanganan insiden tersebut sungguh-sungguh sehingga tidak terulang bentrokan antar komunitas masyarakat seperti yang terjadi di Sampit Kalimantan Tengah sepuluh tahun yang lalu.

"Saya berharap itu tidak terjadi lagi, dengan syarat langkah yang dilakukan harus terpadu, pejabat turun ke lapangan untuk langkah nyata," tegasnya.

Selain upaya-upaya yang dilakukan oleh pejabat pemerintah pusat, pemerintah setempat, TNI dan Polri untuk meredam dan menyelesaikan pertikaian, Presiden juga meminta agar komunitas masyarakat yang terlibat pertikaian bisa menahan diri karena pemerintah akan menegakkan hukum dan memberikan sanksi hukum bagi pihak yang melanggarnya.

Presiden juga meminta kepada media massa untuk membantu menyelesaikan pertikaian tersebut dengan memberikan pemberitaan yang berimbang dan tidak menyulut pertikaian lebih luas.

"Pada pers, agar konstruktif, saat meliput. Berita tetap menjaga kaidah, jangan sampai menyulut situasi atau memanaskan suasana sehingga timbulkan kekerasan yang lebih besar. Jaga liputan sehingga semua bisa berperan," ujarnya.


Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menghadap Presiden dan memberikan laporan mengenai perkembangan penanganan insiden di Tarakan.

Related Articles



No comments:

Post a Comment